Beranda Judul

Sunday 11 December 2011

Antologi Puisi Seratus Penyair Dunia Maya

Kami, dari Kelompok Studi Sastra Bianglala, telah mencoba menjadikan Facebook ini sebagai media budaya alternatif, untuk memelihara semangat mencintai sastra Indonesia.Kami tak saja menyediakan ruang bagi puisi, cerpen dan esai sastra ( terima kasih untuk teman-teman yang sudah bergabung dan memanfaat ruang maya ini untuk berbagi semangat mencintai sastra Indonesia ) namun juga mengupayakan penerbitan alternatif dan pembelajaran penulisan kreatif melalui dunia maya. Tentang pelatihan menulis kreatif, saya dan beberapa teman sedang menyusun pola dan metodenya. Sedangkan poenerbitan alternatif, sudah dimulai dengan menerbitkan antologi haiku Danau Angsa ( bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama ) dan bukunya kini sudah beredar luas di seluruh took buku Gramedia di Indonesia.
Sebagai tindak lanjutnya, akan segera diterbitkan juga tiga antologi puisi lagi. Yang pertama adalah antologi haiku Danau Angsa 2. Yang ini khusus berisi haiku karya 50 penyair perempuan Indonesia, dan penggarapannya sedang berjalan.
Yang kedua adalah penerbitan antologi Suara Suara dari Pinggiran ( Voices From The Edge ) yang berisikan Puisi Mbeling karya 50 penyair Indonesia. Kata pengantarnya ditulis oleh Remy Silado, sastrawan dan penggagas gerakan puisi mbeling di tahun ’70-an. Esai pembuka ditulis oleh Heru Emka, esai penutup ditulis oleh Cunong Nunuk Suraja, sedangkan gambar sampulnya dibuat oleh Eddie Hara, pelukis kontemporer kita yang kini bermukim di Swiss. Antologi ini memuat puisi alternatif yang menyegarkan khasanah sastra Indonesia, dari para penyair beken seperti Yudhistira ardi Nugraha, F. Rahardi, hingga penyair pemula seperti La Rose Djayakusuma dan Ratnaq Dewi Barrie.
Yang ketiga adalah penerbitan antologi puisi Seratus Penyair Dunia Maya, yang berisi seratus puisi terpilih dari para sahabat kita di dunia maya. Antologi ini bukanlah sekedar antologi puisi dunia maya, seperti biasanya, karena rencananya akan diterbitkan dalam dua bahasa ( Inggris dan Indonesia ) dan akan didistribusikan juga di manca negara.

Di antara puisi yang dikirim ke dindingku, inilah daftar puisi yang kupilih untuk mdenjadi bagian dari antologi puisi Seratus Penyair Dunia Maya, yang rencananya akan diterbitkan dalam dua bahasa :
1.Erry Amanda EA : JANGAN BERSEDIH TUAN
2. Hardho Sayoko Spb : PEREMPUAN KUPU-KUPU
3. Dewi hani : PUISI
4. Andi Arnida Massusungan : GAMANG
5. Mohamat Firmandaru : PULANG
6. Rofiie Dimyati : SAJAK NELAYAN
7. Nancy Meinintha Brahmana : PUTERI HIJAU
8. Wanda Rosanty : 10 HARI BERSAMAMU
9. Deddy Firtana Iman : DINDING KAMAR IDAMAN SEBELUM JADI
10. Yuki Sastradirja: JALAN TULISAN
11. Joy Amarta : DALAM RENUNGAN MALAM
12. Trisni Aya Aji : ~~KULMINASI
13. Darman D. Hoeri : MATAHARI #1 - #2
14. Nanoq da Kansas : TENTANG SUNGAI
15. \Remmy Novaris Dm : NEGERI PARA PENYAMUN
16. Niken Pratiwi : HIDUP SEPERTI AIR YANG MENGALIR
17. Astri Herawati : DI JALAN INI
18. Sulung Kesturi : MIMPI TAK BERMUSIM DI SINI
19. Prijono Tjiptoherijanto : BINTANG JATUH
20. Emi Suy Lbh : SENANDUNG SUNYI
Demikian 20 puisi teman kita yang akan disertakan pada antologi puisi Seratus Penyair Dunia Maya. Untuk teman-teman lain dalam komunitas Kelompok Studi sastra Bianglala, teruslah memelihara semangat menulis puisi dan membagikannya, baik di dindingku atau di ruang maya Bianglalqa, pasti aka nada manfaatnya.
Salam sastra !
Semarang, 17 September 2011
Heru Emka
Kelompok Studi Sastra Bianglala
Ilustrasi : Antologi haiku Danau Angsa, buku pertama yang diterbitkan oleh Kelompok studi sastra Bianglala dan komunitas haiku Danau Angsa, bekerja sama dengan penerbit Gramedia Pustaka Utama (2011) Bukunya sudah beredar luas di semua toko buku Gramedia di Indonesia.






Sumber: Heru Emka

No comments: